loading...

Akhirnya Penasaranmu Terjawab! Inilah Sosok Kreatif Dibalik Gambar Kaleng Biskuit Legendaris yang HITS Itu

Siapa yang nggak pernah makan biskuit Khong Guan? Iyeppp, biskuit legendaris ini emang terkenal banget dari jaman dulu, jaman kita msih bocah banget sampe sekarang udah jadi tukang PHP. Eh... Lalu apa yang identik sama Khong Guan? Apa lagi kalo bukan lukisan keluarga yang lagi duduk di meja makan.

Penasaran nggak sih siapa orang di balik gambar historis itu? Nih ane kasih bocorannya.

1

Please welcome, Mr. Bernardus Prasodjo

Iyap, beliau adalah Bapak Bernardus Prasodjo. Seorang pria yang hobi banget nggambar dari jaman masih kecil. Kalo sekarang sih kerennya graphic designer.

2

Beliau sempat kuliah dan ambil jurusan seni di 

Bandung

Dulu beliau pernah sempat berkuliah di Fakultas Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB) selama 2 tahun sebelum akhirnya drop-out karena keasyikan ngerjain orderan nggambar.

3

Beliau juga suka bikin komik strip

Dulu jaman masih ngekos di jalan Lekong Kecil, nggak jauh dari tempat kos ada kantor majalah Aktuil, nah di sini beliau mulai rutin bikin komikstrip buat dimuat.

4

Lalu gimana ceritanya bisa dapet job nggambar

 kaleng biskuit?

Setelah tinggal di Bandung, beliau lalu pindah ke daerah Roxy, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Nah di deket-deket tempat inilah ada perusahaan separasi warna yang mempekerjakan beliau dan memintanya buat bikin ilustrasi kaleng Khong Guan, kira-kira sekitartahun 1971 saat biskuit ini mulai diproduksi di Indonesia.

Nah sejak saat itulah beliau mulai banjir order membikin ilustrasi kayak kemasan wafer Nissin, agar-agar, dan sirop.

5

Nggak lulus kuliah tapi bisa jadi dosen

Meskipun nggak sempet nuntasin kuliahnya, Pak Prasodjo ini pernah berprofesi sebagai dosen lho. Beliau mengajar mata kuliah graphic design, typography, dan reproduksi warna digital di LPKT Gramedia.

Kini, beliau sudah pensiun dari profesinya dan menghabiskan waktu main bersama cucu di rumahnya yang penuh dengan lukisan karyanya sendiri. Hmmm keren...
sumber:www.http://keepo.me/

0 Response to "Akhirnya Penasaranmu Terjawab! Inilah Sosok Kreatif Dibalik Gambar Kaleng Biskuit Legendaris yang HITS Itu"

Post a Comment