loading...

9 Fakta Unik Dalam Dunia Matematika ini Bakal Bisa Bikin Kamu Ngelupain Semua yang Pahit Tentang Dia

Matematika tuh sebenernya seru lho, gaes! Buat kamu yang pernah, dan mungkin sampe sekarang, benci sama pelajaran penting satu ini coba deh liat dulu fakta-fakta menarik dibaliknya, karena kamu bisa ngehilangin segala mimpi buruk dan kenangan pahit tuh pelajaran. Kalo buat kamu yang demen banget sama matematika? Ih, bakal makin kesengsem deh!
1

Pizza

www.todayifoundout.com
Ya ampun, ternyata pizza itu bisa diungkap sama bahasa matematika lho! Kalo kamu ngehitung luas pizza yang bentuknya lingkaran, maka bakal ngehasilin rumus
Phi x r x r
Tapi, karena pizza punya ketebalan, kamu bisa anggep ini sebagai tinggi pizza. Jadi kalo kamu ngehitung volume pizza, maka rumus yang bisa digunain adalah
Phi x r x r x t
Nah, dari sini kamu bisa ngeganti ‘r’ jadi ‘z’ sebagai jari-jari dan ‘t’ jadi ‘a’ sebagai tinggi. Alhasil, rumusnya bakal jadi Phi x z x z x a. Rumusnya ngitung Pizza, ya Pizza juga!
2

Pi = 3,14

buzzfeed.com
Kamu pasti udah familiar banget deh sama 3,14 ato 22/7 ini yang sering nongol di soal matematika. Coba deh kamu praktekin kayak apa yang ada di gambar atas. Tulis angka 3,14 di kertas terus hadep ke cermin. Voila! 3,14 bakal bisa dibaca PIE.
3

Angka 0

www.digopaul.com
Ternyata nih gaes, angka Nol itu punya hal istimewa lho. Jadi angka yang ditemuin samaAl-Khawarizmi, yang juga penemu aljabar dalam matematika ini dianggap punya keunikan, yaitu selain doi adalah angka yang nggak bisa ditulis dalam angka romawi, angka O juga satu-satunya angka yang punya banyak nama kayak nil, naught, nought, zip dan zilch.
4

Googolplex

forums.spacebattles.com
Tau nggak sih kalo ternyata pertanyaan 'Berapa angka paling gede di matematika?' tuh emang bisa dijawab. Nah, jawabannya adalah.... Googolplex! Yaitu 10 pangkat 10 pangkat 100.
5

Google

www.topperlearning.com
Siapa sih yang nggak tau Google? Itu tuh temen setia kita dikala ngerjain tugas-tugas. Hihihi... Tapi kamu tau nggak, dari mana sih asal muasal nama Google itu sendiri?
Nah, ternyata nih kisahnya masih ada hubungannya sama poin nomer 4! Jadi, Google tuh isunya berasal dari kata Googol yang typo. Ih ada ada aja deh!
6

Misteri hari ulang taun

fakescience.org
Jadi misalnya di ruangan kelasmu ada 23 orang (termasuk 2 gebetan), nah maka bakal ada peluang segede 50% murid yang ulang tahunnya sama. Nggak tau kamu sama gebetan, ato malah kedua gebetanmu yang ulangtaunnya samaan. Tapi yang jelas, ini peluang. Maksudnya, peluang kesamaan ulang tahun. Bukan peluang pedekate -.-
7

Lucky 7

www.guruvinodji.com
Angka ini sering dianggep favorit dan udah nempel banget dalam kehidupan. Mulai dari nama-nama artis kayak Se7en, Seven Icon, GOT7 bahkan yang udah ada sejak kecil 'Putri Salju dan 7 Kurcaci'. Dan banyak juga yang nyebutin kalo angkat 7 tuh angka keberuntungan.
Uniknya, angka 7 adalah angka yang nggak bisa dibagi sama angka 1 sampe 10.Maksudnya, angka ini adalah angka yang nggak punya kelipatan 1-10. Kan kelipatannya 14. Eh btw, kalo kamu jumlahin titik dadu di tiap sisi yang berseberangan, hasilnya juga 7 lho!
8

Huruf "A"

www.bhavinionline.com
Kalo kamu nyebutin angka 0 sampe 1000 dalam bahasa Inggris, huruf A cuma muncul sekali aja, yaitu dalam kata "one thousand".
9

Emang ada apa lagi sih sehabis A Million?

homeworktips.about.com
Biasanya sih dalam bahasa Inggris palingan mentok ke Trillion ya karena kebanyakan jumlah duit tuh ya sampe situ *eh*. Tapi kamu harus tau kalo sehabis a million tuh adaBillion, Trillion, Quadrillion, Quintillion, Sextillion, Septillion, Octillion, Nonillion, Decillion dan Undecillion. Nggak tau tuh angka nolnya ada berapa.

Tuh kan, matematika nggak melulu ribet gaes! Kalo kamu jeli, masih banyak lagi lho fakta-fakta menarik dari pelajaran favoritmu ini. Makanya belajar yang rajin ya, terus bagiin deh ilmunya. Hehehe.

sumber: www.http://keepo.me/

0 Response to "9 Fakta Unik Dalam Dunia Matematika ini Bakal Bisa Bikin Kamu Ngelupain Semua yang Pahit Tentang Dia"

Post a Comment